Kamis, 28 Februari 2013

Gelembung adalah bola-bola air yang berisi udara.

Bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat gelembung tidak mudah pecah dan bisa dipantulkan :

1. Cairan Sabun, seperti sabun untuk mencuci piring yang murni (tanpa campuran pengharum atau anti bakteri).
Sabun yang tidak murni akan mempengaruhi ketegangan dari lapisan gelembung sehingga gelembung mudah pecah
 Mengapa harus menggunakan sabun? karena sabun, deterjen, dan segala jenis pembersih lainnya selalu terdiri dari dari dua bagian, yaitu bagian yang senang air dan bagian yang senang minyak. Pada bagian yang senang air akan menangkap molekul air, sedangkan bagian yang senang minyak akan berhadapan dengan udara. Cairan sabun cuci piring memiliki tingkat ketegangan yang cukup baik jika dibandingkan dengan deterjen ataupun sabun lainnya.



2. Air yang telah didestilasi.
Destilasi atau penyulingan adalah suatu cara pemisahan dengan menggunakan panas sebagai pemisah atau "separating agent". Destilasi ini bertujuuan untuk memisahkan molekul air dengan zat-zat atau mineral yang terdapat pada air.








3. Gliserol



Gliserol adalah  senyawa gliserida yang paling sederhana, dengan hidroksil yang bersifat hidrofilik dan higroskopik. Gliserol merupakan komponen yang menyusun berbagai macam lipid, termasuk trigliserida. Gliserol terasa manis saat dikecap, namun bersifat racunGliserol dapat diperoleh dari proses saponifikasi dari lemak hewan, transesterifikasi pembuatan bahan bakar biodiesel dan proses epiklorohidrin serta proses pengolahan minyak goreng.






Catatan: 
Perbandingan sabun dan gliserol 2:1 
Air sabun tidak boleh dimakan karena mengandung racun.

Campurkan semua bahan kemudian diamkan selama 1x24 jam.

0 komentar:

Poskan Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube